Pantai Empu Rancak, Jepara, Jawa Tengah

November 19, 2014


Opo Kek Blog - Pantai Empu Rancak adalah salah satu pantai yang ada di kota Jepara, Jawa Tengah. Pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata saya yang ke tiga pada liburan kali ini setelah Air Terjun Grenjengan Sewu dan Pantai Bondo. Pantai Empu Rancak mempunyai pasir yang putih dan bersih. Tak sabar ingin menikmati pantai yang berpasir putih ini, saya bersama Aji langsung bergegas menuju ke lokasi.


Lokasi Pantai Empu Rancak terletak di Desa Karang Gandong, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Akses jalan menuju Pantai Empu Rancak terbilang cukup bagus sehingga memudahkan wisatawan untuk berwisata ke pantai tersebut. Rute menuju Pantai Empu Rancak sama dengan rute arah Pantai Bondo. Pantai Empu Rancak merupakan deretan beberapa pantai yang ada di Kecamatan Mlonggo. Pantai ini berada satu arah dengan Pantai Bondo, Pantai Pailus dan Pantai Blebak. Jadi saat Anda berkunjung ke Pantai Empu Rancak, Anda bisa mampir ke pantai-pantai yang bersebelahan dengan Pantai Empu Rancak.


Waktu itu hujan telah reda dan kami bergegas menuju Pantai Empu Rancak yang lokasinya tak jauh dari Pantai Bondo. Sampai di Pantai Empu Rancak, hanya ada beberapa orang yang sedang bermain-main air dan menikmati hidangan seafood yang di jajakan oleh restauran atau rumah makan yang berada di sekitar pantai ini. Menurut informasi yang saya ketahui, Pantai Empu Rancak di kelola oleh masyarakat setempat sehingga bisa mendongkrak perekonomian warga yang tinggal di kawasan pantai tersebut.



Berapa sih bayar masuk lokasi pantai? Untuk yang satu ini memang harus diperhatikan sebelum masuk lokasi wisata. Saat saya berwisata ke Pantai Empu Rancak (09 November 2014) masih GRATIS. Tidak ada petugas bagian tiket yang berjaga di lokasi pantai ini. Entah kalau hari besar atau saat liburan sekolah. Parkir-pun gratis, dengan mudah saya masuk dan mendekatkan motor saya ke pinggir pantai tanpa di pungut biaya parkir.


Pantai Empu Rancak cenderung tak berombak. Airnya yang jernih dan dangkal membuat wisatawan merasa aman saat menceburkan diri ke pantai ini. Tak perlu khawatir jika ingin bermain-main air di pantai ini.


Pantai ini lebih terkenal dengan kuliner seafood. Banyak warung atau restauran yang menjajakan masakannya untuk para wisatawan atau pengunjung yang hanya ingin menikmati seafood. Banyak gazebo-gazebo yang di sediakan oleh rumah makan atau restauran untuk menarik perhatian wisatawan. Gazebo yang terdapat di Pantai Empu Rancak di dominasi oleh pohon pandan yang lebat.




[caption id="" align="aligncenter" width="1000"] Gazebo Rumah Makan[/caption]

[caption id="" align="aligncenter" width="1000"] Pohon pandan yang berjajar rapi[/caption]

Tak lama berada di Pantai Empu Rancak, sayapun memutuskan untuk bergegas pulang karena hujan kembali turun. Sebelum pulang, seperti biasa foto di area Pantai Empu Rancak. Apa gunanya jika kita berwisata tapi tak punya kenangan di tempat tersebut, Betul?




[caption id="" align="aligncenter" width="800"] Aji (Kawan Traveller)[/caption]

 

Pantai Empu Rancak sangat cocok untuk liburan keluarga. Luangkan waktu Anda untuk menikmati pantai yang berada di kawasan Kecamatan Mlonggo ini. Selamat berwisata :)

You Might Also Like

27 komentar

  1. Semoga ini pantai tetap gratis.... eh tapi yg ngupah yg bersih-bersih pantainya siapa ya?

    BalasHapus
  2. Aaamiiin...

    Hihihihi nanti kamu yang tak suruh ngupahin tukang bersih-bersihnya broo :D

    BalasHapus
  3. Waaaah Jepara masih banyak pantai perawan ya, duh kudet nih aku lah hehehe, infonya keren deh pokoknya hehehe
    Eh itu pasirnya kok mirip-mirip Bandengan gitu ya? Satu garis pantai kah?

    BalasHapus
  4. yupz satu garis pantai mas tapi lebih jauh Pantai Empu Rancak lokasinya. Sebenarnya masih ada beberapa pantai yang masih perawan di jepara tapi belum sempet kesana lagi hehehehe :D

    BalasHapus
  5. Oh gitu ya, berarti itu jalannya lewatnya yang mau ke Benteng Portugis itu ya? Jalanan yang buat lewat ke Bandengan juga kan ya berarti? Apa gimana? Hehehe
    Ayolah ke sana, jelajahi semua hehehe :D

    BalasHapus
  6. Betul banget mas. Jalannya memang lewat situ, Nanti ikuti papan penunjuk arah aja yang arah pantai bondo karena jalan arah pantai bondo itu melewati P. Pailus, P. Blebak, P. Empu Rancak

    BalasHapus
  7. good recommendation, thanks for info. keep posting :)

    BalasHapus
  8. hoi..... mana foto pantai pailus (bukan Paulus kaqli ?), waktu kecil 40 th yg lalu aku suka mandi di sana, almaruh nenek ku dekat sana, tapi terakhir aku ke sana kelas 6 sd.... aku pingin kesana liburan natal ini... menelusuri jejak dengan anak remajaku... semoga tidak hujan deras... sekalin mau ke karimunjawa....
    aku kangen pantai pailus.....
    Dulu masih banyak ubur-ubur..... spongebob....

    BalasHapus
  9. Terima kasih sudah di ingatkan kakak :)
    Semoga rencana liburannya berjalan dengan lancar dan tidak hujan kakak :) Amiin.

    Sampeyan asli jepara ya...

    BalasHapus
  10. Lahir di kudus,... nenek yang jepara..... tapi udah lama banget gak kesana.....

    BalasHapus
  11. Owh.. Berarti sama dengan tempat tinggal saya. :)

    BalasHapus
  12. foto pantai indrayatinya juga ok... aku juga pernah ke sana

    BalasHapus
  13. sebenarnya aku lagi cari informasi tentang rahtawu tadi.... jadi mampir di blog ini

    BalasHapus
  14. Sudah dapat informasinya belom?

    Terima kasih sudah menyempatkan waktunya untuk membaca tulisan saya :D

    BalasHapus
  15. pasirnya putih, biasa nya pasir di jalur pantura hitam hehehe

    BalasHapus
  16. Huumh kak :) Setahu saya kalau pantura itu malah rata-rata pasir putih kak.

    BalasHapus
  17. aku orang jepara,tapi belom pernah ke pantai empu racak..kalo pantai bondo pernah sich...

    BalasHapus
  18. air terjun sekar langit gimana mas?

    BalasHapus
  19. Coba aja kesana kak :) Pasirnya putih banget, lebih putih daripada pasir Pantai Bandengan

    BalasHapus
  20. Ternyata banyak pantai keren di Jepara ya? Aku tahunya cuma pantai Kartini aja :-D

    BalasHapus
  21. Yupz betul banget. Harus nyobain satu-satu mas Bartian

    BalasHapus
  22. pantainya keren... jadi ingin main ke Jepara... salam wisata...

    BalasHapus
  23. Mari wisata ke Jepara kakak :)

    BalasHapus