Kebun Teh Kemuning, Karanganyar, Jawa Tengah

Januari 28, 2015

[caption id="" align="aligncenter" width="700"] Penampakan Kebun Teh Kemuning[/caption]

Opo kek Blog - Ngomongin pesta malam tahun baru pada akhir bulan Januari sepertinya menjadi hal yang agak basi. Akan tetapi terkesan berbeda jika kita menceritakan kesan liburan tahun baru walaupun sudah berlalu. Bisa jadi apa yang sudah kita ceritakan menjadi referensi liburan bagi orang lain. Liburan tahun baru merupakan salah satu waktu yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak muda seperti saya (emm situ masih muda kak).


Awal Januari lalu tepatnya tanggal 3-4 Januari 2015 merupakan masa bebas saya menikmati liburan yang cukup menyenangkan, menantang dan memuaskan. Menyingkirkan sejenak pekerjaan yang setiap hari membelenggu fikiran saya. Rencana yang sudah tertata rapi membuat kami (Saya dan Aji) ingin segera menikmati liburan di awal tahun ini.


Liburan awal tahun 2014 silam tujuan saya ke Solo, jawa Tengah. Waktu itu saya solo backpacker alias jomblo travelling haha, tapi untuk liburan awal tahun 2015 saya ditemani Aji kawan travelling yang sama-sama pecinta petualangan. Kali ini tujuan kami adalah Kota Karanganyar. Kota yang mempunyai segudang wisata alam yang patut untuk dikunjungi.




[caption id="" align="alignnone" width="739"] Hijau dan Sejuk[/caption]

Hari pertama di karanganyar saya awali dengan menghirup udara segar pagi hari di pegunungan tepatnya di kawasan Kebun Teh Kemuning yang merupakan tujuan pertama kami. Rasa capek setelah perjalanan panjang Kudus-Karanganyar selama 5 jam malam itu sejenak terlupakan. Eits kali ini kami tak hanya berdua saja. Awalnya kami memang berangkat berdua dari Kudus, sesampainya di Karanganyar team kami bertambah dua orang lagi dan yang pasti Anda belum pernah melihat sosok dua orang ini di postingan saya sebelumnya (Gak penting). Ada Eka dan Arya sang pemandu wisata yang berasal dari kota Karanganyar (taraaaaaaa). Beruntung mereka adalah kawan sendiri jadi dapet free alias nggak bayar uhuy (asyek-asyek).




[caption id="" align="aligncenter" width="732"] Eka                                                                                                       Arya[/caption]

Bagi anda yang berada di kawasan kota Solo dan Karanganyar pastinya tak asing lagi dengan lokasi wisata yang satu ini bukan? (pastinya cuy) Tapi beda lagi dengan para pendatang. Lokasi Kebun Teh Kemuning berada di kaki gunung Lawu tepatnya di  Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Itu tuuuh sebelahnya kota Solo, tahu kan? (tetangga saya tuh hihihi)



Kebun Teh Kemuning merupakan salah satu tempat wisata favorit keluarga. Bagaimana tidak, suasananya yang nyaman dan udara yang sejuk sudah bisa membuat para penikmatnya betah untuk berlama-lama menyaksikan lukisan alam berupa hamparan pohon-pohon teh yang tumbuh dengan subur di bawah lereng gunung Lawu.  Hijau, Sejuk ,indah dan tentunya bisa menenangkan hati saat kita galau. Cocok nih buat Anda yang belum bisa move on dari pacarnya hiihihii (Peace). Apalagi tak ada tarif masuk ke kawasan kebun teh ini alias free jadi semakin membuat para pengunjung tertarik untuk berdatangan. Akses jalan menuju kebun teh inipun sudah mulus , hanya saja jalannya naik turun sehingga benar-benar menantang adrenalin kami berempat. Hingga kami baca sholawat terus-menerus di setiap turunan tajam dan tanjakan yang ekstrim.



Cuaca saat itu sedikit kurang bersahabat, akan tetapi itu semua tidak menghalangi niat kami untuk menikmati sejuknya udara kawasan Kebun Teh Kemuning. Angin kencang menemani kami saat menjamah deretan pohon teh yang berjajar rapi.



Jika dilihat dari atas, hamparan Kebun Teh Kemuning ini terlihat seperti lapangan golf atau padang sabana. Pada masa liburan tahun baru seperti ini, Kebun Teh Kemuning sangat ramai pengunjung. Anda tak perlu repot-repot membawa makanan atau minuman karena disini sudah tersedia warung-warung yang menjajakan barang dagangannya untuk Anda.


Seperti biasa, kamera yang selalu saya bawa saat berwisata tak pernah saya abaikan begitu saja. Sayang jika tempat seindah ini diabaikan begitu saja.








[gallery type="rectangular" ids="1059,1061,1062,1063,1060"]

Puas menikmati Kebun Teh Kemuning yang indah ini, kami melanjutkan perjalanan ke dua di hari pertama ini. mau tahu? tunggu kisah liburan tahun baru saya selanjutnya :)


To be continued...

Thank's for :




  • Arya  dan Eka yang memberikan free service saat memandu kami menikmati liburan tahun baru di Karanganyar.

  • Jika Anda butuh pemandu wisata Karanganyar bisa hubungi Arya di sini


Note :




  • Periksa dulu kendaraan Anda sebelum ke Kebun Teh Kemuning karena banyak jalanan yang menanjak tinggi dan turunan yang curam sehingga membutuhkan kendaraan yang benar-benar prima.

  • Jangan memakai Motor Matic, menurut pemandu wisata kami (Arya dan eka) motor matic sangat rawan di pakai di jalanan seperti ini. Alasannya motor matic tidak memakai gigi dan rem hanya di bagian tangan saja. Beda dengan motor bebek yang mempunyai gigi sehingga bisa menahan saat kita berada di turunan curam.

  • Bawa jaket agar tidak kedinginan. Karena Kebun Teh Kemuning berada di kawasan pegunungan.


 

.

You Might Also Like

25 komentar

  1. Paling suka ama kebun tehnyaa

    BalasHapus
  2. Heem akupun begitu. Udara yang sejuk serta hamparan pohon teh yang membentang luas seperti lukisan alam membuat hati ini tenang. Keren dah pokoknya

    BalasHapus
  3. Enaknya nginep di Solo trus pagi buta baru ke kebun teh dan menikmati suasana pagi di sana... hmmmm...

    BalasHapus
  4. Pemandangannya cetarrr. Beruntung banget pas kabut belum turun, bro. Eh tapi kok ada "to be continued" nya? Baiklah mnunggu kisah selanjutnya hehehe

    BalasHapus
  5. Betul broo... Atau bisa nginep di Tawangmangu biar lebih deket. Kalau nginep di Solo perjalannanya sekitar 1 jam untuk bisa sampai di Kebun Teh Kemuning hihihihi.

    BalasHapus
  6. I feel free ala Syahrini pokoknya di sana hihihihi :p Kebetulan itu fotonya pas lagi nggak kabut broo. KDulu kamu tak ajakin malah kagak bisa.

    BalasHapus
  7. Tawangmangu penginapannya "mengerikan" ada suara2 ga jelas di malam hari, hahaha :D

    BalasHapus
  8. Iyakah?? Bisa buat uji nyali tuh hihihihi

    BalasHapus
  9. Pernah mau ke sini tapi belum jadi-jadi sampai sekaran hehe

    BalasHapus
  10. Luangin waktu aja kak biar bisa kesana. Asyik loh tempatnya

    BalasHapus
  11. wah mantap mas josshh dah....

    BalasHapus
  12. Heem, yuk mampir ke sana saat hari libur tiba.

    BalasHapus
  13. wkwkw jadi penasaran ms wijna...hehehe

    BalasHapus
  14. Mas, di kebun teh'nya ada penginapan ngga ya ?

    BalasHapus
  15. Setahu saya tidak ada. Itu hanya hamparan kebun teh saja

    BalasHapus
  16. bagus gan kebun tehnya
    semoga bisa jadi referensi buat teman - teman traveller lainnya

    BalasHapus
  17. Agus abu Dzaki2 Agustus 2016 14.30

    Habis lebaran kemarin kami mampir ke siniii di pagi hari...(berangkat dr Jogja jam 6 pagi) asyik jg buat potret2 bersama family...
    Siangnya kita lanjutin perjalanan ke Tawangmangu, kmd bermalam disana bersama teman2 beserta keluarga mrka :)

    BalasHapus
  18. Waaaaah pasti seru banget ya Mas Agus bisa berlibur di sana bersama keluarga. Jadi bisa bikin foto keluarga dengan background alam asli ya Mas.

    BalasHapus
  19. keren mas, kemarin sempat kesana, tapi belum sempat nulis, pacetnya banyak sekali mas.....

    BalasHapus
  20. Iya, suasananya sekjuk banget di sana. Aku betah banget kalau di sana. Dulu pas ke sana nggak ada pacetnya. Mungkin karena ini cuaca lembab ya jadi banyak pacetnya.

    BalasHapus
  21. yoi mas, saya orang klaten biasane mbolang ke jogja tapi akhir-akhir ini br rajin" ke arah timur :D solo dan sekitarnya...ada rekomendasi wisata lainnya ga mas, selain candi sukuh, cetho, sarangan, sama grojogan sewu?

    BalasHapus
  22. Air Terjun Jumog sudah belom? Kuliner dll? Aku belum banyak explore Karanganyar. Dulu baru sempat ke Candi Sukuh, Cetho, Grojogan Sewu, Sarangan, dan Kebun Teh.

    BalasHapus
  23. jumog, cetho, sukuh grojogan sewu, ke utara daerah sangiran dan museum danu sudah semua mas:D pengen ke arah magetan kayake seru

    BalasHapus
  24. Sip, lanjutkan Mas untuk explore Magetan.

    BalasHapus